Suzuki Ignis Siap Mengaspal di Indonesia

suzuki ignis
suzuki ignis

Mobil pada dasarnya adalah sebuah transporter yang fungsi utamanya memindahkan seseorang dari satu tempat ke tempat lain yang menjadi tujuannya dengan tingkat kenyamanan yang lebih baik dibandingkan sepeda motor, yang dapat melindungi dari hujan, debu, dan terik matahari. Namun perkembangan jaman menuntut dibenamkannya fitur-fitur yang semakin memanjakan penggunanya. Selain itu jenis-jenis mobil diciptakan yang masing-masing memiliki karakter yang berbeda signifikan. Misalnya city car yang mungil dan bermesin kecil dan irit cocok untuk penggunaan dalam kota, dan Sport Utility Vehicle (SUV) dengan ground clearance tinggi cocok untuk penggunaan di lingkungan dengan jalan yang rusak.

Kriteria seseorang memilih mobil biasanya berbeda-beda. Ada yang karena suka modelnya, ada yang karena iritnya, ada yang disesuaikan kebutuhan, ada yang disesuaikan budget, ada yang mempertimbangkan daya angkut, ada yang karena mencari rasa aman di layanan purna jual dan harga jual kembali, ada yang kombinasi dari beberapa alasan dan lain sebagainya. Sehingga dipilihlah mobil yang dirasa paling tepat untuk dimiliki.

Gue sendiri memiliki beberapa kriteria dalam memilih mobil impian untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Gue orang yang senang bertualang menjelajah keindahan alam, daya jelajah gue bukan cuma jalan lebar dengan aspal mulus, tapi bisa sampai ke jalan rusak dan sempit sampai jalan tanah berbatu, sehingga kriteria utama mobil favorit gue yakni sebuah SUV (atau crossover) dengan ground clearance yang tinggi. Selain itu gue juga suka mobil berukuran mungil, gak terlalu makan tempat dan jujur aja gue kurang jago dalam memarkir mobil haha terutama parkir paralel ,  .. Kriteria terakhir yang mutlak harus terpenuhi yakni enak dipandang, at least di mata gue sendiri, subjektif lah kalau ini.. Oya dan gak ketinggalan, harganya terjangkau buat pegawai level bawah kaya gue. Sedangkan fitur dan merk nggak terlalu gue pertimbangkan.

Beberapa bulan yang lalu, Suzuki mengenalkan mobil konsepnya yang bernama Suzuki iM-4. Gue jatuh cinta pada mobil ini sejak pertama melihat foto-fotonya.. Perfect!!! Ini mobil yang gue banget!! Crossover yang berbody mungil.. Dilansir https://betwin188.org/ setelah di nanti-nantikan mobil produksi masalnya, akhirnya terkuak informasi bahwa versi masal dari mobil konsep ini bernama Suzuki Ignis. Well, Suzuki ingin menghidupkan kembali generasi Ignis yang diproduksi dari sejak tahun 2000 sampai 2008.

Belum ada pernyataan resmi terkait spesifikasi teknisnya. Namun kalau kita lihat, memang dimensinya sangat mungil, mungkin seukuran mobil-mobil LCGC. Dimana Ignis model lama aja ukurannya mini, pxlxt = 3.615×1.595×1.585mm,, mungil bukan?! Sedangkan di sektor mesin, dikabarkan akan dibenamkan mesin 1.200 cc dengan output power kemungkinan 89HP dan torsi 89NM, dan mesin 1.000cc yang dilengkapi turbocharged sehingga output tenaga dan torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari versi 1.200 cc nya,, yakni power 110HP dan torsi 125NM. Wah, powernya udah kaya mobil ber cc 1.500 ya bro. Gue rasa kalau masuk Indonesia, yang dibawa Cuma yang bermesin 1.200 cc, but let’s see.. Oya, dikabarkan mobil ini juga akan menggunakan mekanisme four wheel drive (4wd), waah bakal keren nih. Semoga kalau masuk Indonesia, fitur ini gak disunat, secara SUV dan crossover budget dimari biasanya Cuma dihadirkan versi 2wd.. Kalau masuk Indonesia, mungkin mobil ini akan menjadi pengganti SX4,, tapi untuk mesin 1.200 cc seharusnya kastanya di bawah SX4. Kalau menggantikan Jimny/Katana? Hmmmm,, Jimny kan ada model terbarunya Cuma gak dibawa ke Indonesia aja sih..

Berbicara masalah desain, gue menganggap mobil ini istimewa. Desainnya memang simple dan agak mengotak, tapi entah kenapa terlihat begitu istimewa di mata gue. Desain simple begini yang biasanya malah long lasting (kaya Getz gue, ya nggak?   ). Di sektor facia, lampunya terlihat futuristik walaupun masih kalah futuristik dibandingkan konsepnya (im4), ya tentunya konsep lebih menarik lah ya… Begitu juga dengan fog lamp nya,, tapi secara garis besar memang sama persis.

Leave a Comment