Sensasi Test Drive Suzuki Ignis

suzuki ignis

Akhirnya mobil yang ditunggu-tunggu hadir juga di pasar Indonesia.. Gue termasuk salah satu yang begitu menantikan mobil ini bahkan sejak masih berbentuk mobil konsep, Suzuki iM-4. Kini, produksi masalnya yang diberi nama Suzuki Ignis udah mulai gampang dijumpai di pameran-pameran otomotif, di lobi mall, dan di showroom Suzuki sendiri.

https://pokertiam.co/ sejak lama, selalu mengikuti perkembangan Ignis ini. Sampai akhirnya kesempatan menjajal kemampuannya datang tanggal 30 April 2017 kemarin di showroom Suzuki Padang.

Bagaimana impresi gue atas Ignis ini??

Ekterior

Sisi ini lah yang menurut gue salah satu kelebihan Ignis yang membuatnya mempunyai nilai lebih dibanding dengan kompetitornya. Sisi ini juga yang membuat gue jatuh cinta pada pandangan pertama bahkan sejak masih dalam bentuk mobil konsep, Suzuki im-4.

  • Tampak depan, mobil ini mempunyai bentuk retro modern yang sangat cantik, terutama type GX yang udah mengadopsi headlamp LED Projector dengan tambahan Daytime Running Light (DRL) di sekelilingnya.
  • Beralih ke samping, desain Crossover atau SUV atau Suzuki menyebutnya Urban SUV kental banget. Sekilas nampak ada kemiripan dengan Range Rover Evoque disitu.
  • Peleknya 15″, desain pelek menurut gue sih moderate ya, gak keren-keren amat, tapi juga gak jelek..
  • Kecantikannya desainnya cukup ternodai dengan desain buritannya yang terkesan cheapy, ditambah pula dengan lampu belakangnya pun kurang cantik.. Masalah selera sih, tapi sebagian besar komentar di internet pun banyak yang menyayangkan desain belakangnya yang kurang bagus. Mungkin tambahan spoiler akan sedikit mengurangi kesan jelek body belakangnya.

 

Interior

Beralih ke interior. . Gimana impresinya? Cekidot

  • Dahsboard Ignis dibuat cukup simple tapi dengan desain yang menarik dan terlihat mewah.
  • Dashboard mengadopsi 2 warna, hitam dan putih. Menurut gue sih keren. Selain itu di sekitar persneling dikasih warna sesuai warna eksterior.
  • Bentuk dashboard bagian atas yang datar cukup berguna buat naroh-naroh barang. Udah gue buktikan di Getz yang dashboardnya juga datar.
  • Desain kisi-kisi AC berbentuk bulat di samping dan kotak di tengah, desainnya manis dengan balutan chrome.
  • Head Unit touchsreennya keren, dan pengoperasiannya responsif. Tapi sayang banget di Indonesia ini jadi aksesoris tambahan, bukan bawaan. Harganya cukup tinggi, 7 juta kurang dikit di Padang. Sedangkan HU aslinya (bawaan) terlihat biasa aja, walau secara fitur udah support USB, AUX & Bluetooth.
  • Desain pengaturan ACnya keren banget. ACnya udah digital, jadi gak dijumpai knob-knob ala kompor gas disitu :V .. Diganti dengan tombol-tombol yang desainnya asli unik dan keren banget.
  • Bentuk setirnya keren, dilengkapi dengan beberapa tombol untuk audio dan keperluan telpon, ya standar mobil sekarang sih.
  • Bentuk speedometernya juga keren, enak dilihat. MIDnya lumayan lengkap, termasuk disitu ada fuel consumption average yang saat ini cukup jadi fitur favorit.
  • Desain jok depan asik, seperti mencengkeram badan. Tapi sayang bahannya bukan kulit huhu..
  • Walaupun mobil ini mungil, tapi ternyata dalamnya cukup lega. Kayanya 11-12 sama Getz deh.

Fitur

 

Selain desain eksterior maupun interiornya, kelebihan lain dari Ignis adalah banyaknya fitur yang dijejalkan. Berikut fitur yang menurut gue cukup jadi bahan pertimbangan calon konsumen:

 

Konsumsi BBM

Suzuki mengklaim konsumsi BBM Ignis adalah 23,44 km/L untuk AGS dan 23,64 km/L untuk manual transmission. Apakah benar segitu??? Bisa saja, tapi tentunya itu dalam kondisi yang sangat susah atau mungkin mustahil untuk dilakukan di jalan raya sehari-hari. Kondisi jalanan, cara berkendara, medan jalan, adalah contoh beberapa hal yang mempengaruhi konsumsi bbm. Lalu untuk realnya, berapa konsumsi BBM Ignis ini?? Saat test drive kemarin gue sempat mengutak-atik MID nya dan mendapatkan info fuel consumption averagenya adalah 11,7 km/l. Setengahnya dari klaim Suzuki. Tapi tentu karena banyak dipengaruhi faktor-faktor.

 

 

 

Leave a Comment