4 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Kantor

Era digital seperti sekarang ini menuntut anda guna serba cepat. Khususnya untuk semua pekerja yang setengah harinya dihabiskan di kantor. Bekerja selama 8 jam dalam 5 hari tiap minggunya bukan jaminan untuk bisa punya waktu luang di akhir pekan. Jangankan menyempatkan diriuntuk sekadar menggerakkan badan, bisa ongkang-ongkang kakipun masih terlewatkan lantaran tumpukan deadline yang menunggu diselesaikan.

Persoalan ini jugalah yang dialami oleh William Sudhana, CEO dan founder dari vosFoyer. Saking riweuh-nya mengurusi pekerjaan, ia hampir tak sempat berolahraga meski telah menyusun rencana sebelumnya. Alhasil, olahraga dan hidup sehat hanyalah sekadar wacana. Sayang sekali, ‘kan? Meski begitu, William tetap punya tekad teguh bahwa ia akanmerealisasikan agenda olahraganya. Nah buat kamu para pekerja kantor yang juga nggak sempat meluangkan waktu untuk berolahraga, yuk simak tips peregangan ringan yang telah Hipwee rangkum berikut ini.

Olahraga
Olahraga
  1. Sebagai pemanasan, lakukan pergantian posisi dari duduk ke berdiri tanpa bantuan tangan selama sebanyak kali

Menurut situs sedayubet gerakan pengantar yang dapat anda kerjakan sebagai pemanasan merupakan bolak-balik duduk dan berdiri. Nggak perlu jauh-jauh dari meja kerja dan kursi, gerakan yang super simpel ini bisa dipraktikkan di sela-selakamu mengerjakan jobdesk sehari-hari.

Mulailah dengan duduk tegap dan kaki menjajak lantai merangkai sudut 90 derajat, sementara kedua tangan lurus ke depan.

Berdirilah tanpa menggerakkan kaki ke kursi atau memakai pertolongan tangan. Usahakan bahu tetap dibuka lebar dan tulang punggung dalam posisi tegak, tapi jangan tegang.

Pelan-pelan kembali duduk tegak sambil menahan diri untuk nggak condong ke depan atau menggeser pinggul ke satu sisi atau sisi yang lain.

Ulangi gerakan ini 5 sampai 10 kali.

  1. Untuk melepaskan ketegangan leher, lakukan gerakan kepala sembari duduk secara perlahan

Peregangan leher juga penting, terlebih bila kamu sehari-harinya har usmenghadap layar laptop atau komputer hingga lupa tengok kanan-kiri.

Duduklah dalam posisi tegap seraya unik napas dalam-dalam

Anggukkan kepala ke atas dan ke bawah secara bergantian. Ulangisebanyak kali.

Lanjutkan dengan menengokkan kepala ke kiri dan ke kanan perlahan, rasakan peregangan yang terjadi. Ulangi sebanyak kali.

Lalu miringkan kepala hingga telinga menyentuh bahu, tahan selamasebanyak detik. Lakukan bergantian kiri dan kanan selama sebanyak kali.

Terakhir, putarlah kepala searah jarum jam, kerjakan pun arah sebaliknya.

  1. Agar peredaran darahmu lancar selama jari jemari terus bekerja pada komputer atau laptop, anda dapat mengerjakan peregangan lengan

Masih dalam posisi duduk, kamu sangat dapat mengerjakan peregangan lengan dengan leluasa. Selama bekerja di depan komputer maupun laptop, jari jemari maupun lengan terus bekerja pada posisinya, dan dipastikan akan terasa pegal pada akhirnya. Untuk menghindarinya, kerjakan teknik ini:

Sambil duduk tegap, angkat dan luruskan kedua tangan yang dikaitkan di atas kepala.

Lanjutkan dengan memiringkan tubuh ke kiri dan ke kanan sementara kedua tangan masih terangkat di atas kepala.

Lalu, arahkan regangan lengan ke sisi kiri dan kanan. Posisi tubuh mengikuti arah peregangan.

Lakukan gerakan lengan di atas masing-masing 10-30 detik untuk setiap sisinya.

  1. Putar tubuh bagian atas ke sisi kanan atau kiri dengan berpegangan pada kursi secara perlahan untuk mengatasi punggung dan bahu yang kaku

Posisi tubuh saat duduk menghadap ke layar komputer atau laptop lama kelamaan akan menimbulkan rasa pegal dan kaku pada punggung. Nah, anda dapat menghindari ketidaknyamanan pada punggung dan bahumu dengan meregangkannya ke sisi kanan dan kiri sambil duduk.

 

Leave a Comment